Smartphone kini sudah menjadi teman hidup kita dalam menjalankan aktivitas,bagi kalian yang sering membuka sosmed untuk saling kirim pesan ke teman,sahabat,pacar dan sebagainya akan lebih mudah bukan, nah membahas mengenai smartphone tidak jauh-jauh baterai lah yang terpenting untuk harus di cek sebelum kita bepergian membawa smartphone kesayangan kita, dan kini teknologi sudah semakin canggih biasanya seseorang yang beraktivitas tidak jauh-jauh dari smartphone mempunyai sebuah PowerBank untuk mencharge smartphonenya jika di tempat sekitar tidak ada colokan listrik untuk mencharge.

Membahas mengenai baterai ada beberapa tips yang harus kalian tahu untuk menjaga baterai smartphone anda menjadi awet dan tahan lama,

1.Gunakan Charger Asli Smartphone anda.
dengan menggunakan charger asli smartphone anda hal ini bisa mempengaruhi keawetan baterai anda,meskipun kepala charger atau colokan ke smartphone yang bukan asli dengan hp anda bisa masuk dan mengisi ke hp anda tentu jelas beda, sebabnya masing-masing charger hp memiliki INPUT dan OUTPUT daya listrik yang berbeda, jika kalian tetap menggunakan bukan yang asli pasti daya mengisi ke hp anda akan lama, itu lah faktor dari Input dan Output masing masing charger hp.

2.Charge Ketika Baterai Benar Benar Low.
Sebaiknya ketika kita ingin mencharger baterai hp tunggu hingga benar benar Low atau 14% tersisa,biasanya juga ketika notif baterai sudah melemah muncul ada perintah untuk segera lakukan pengisian baterai,di masing masing smartphone tentu berbeda ada yang sudah 20% Notif tersebut sudah muncul dan juga ada yang 12%.

3.Aktifkan Power Saving Mode
smartphone keluaran sekarang memiliki aplikasi khusus untuk menjaga baterai hp anda tetap awet,bagi smartphone keluaran Sony, anda akan menemukan Power Saving Mode di menu Settings > Power Management. untuk anda smartphone anda yang tidak memiliki aplikasi ini anda bisa mengunduhnya di Play Store aplikasi sejenis ini.

4.Matikan Fitur Yang Tidak Terpakai
Terkadang hal ini anda abaikan, nah untuk sekarang sebaiknya anda matikan fitur yang tidak terpakai pada saat mau charge hp anda atau tidak dalam keadaan charge, Wifi,Paket Data,Bluetooth dan lain lain yang masih aktif sebaiknya anda matikan hal ini bisa menguras baterai anda karena memerlukan daya yang besar.

5.Hindari Charger Menggunakan PowerBank
Mengapa perlu di hindari ? biasanya ketika kita mencharge smartphone kita dengan powerbank baterai hp kita akan terasa panas,hal itu terjadi karena kekuatan daya yang masuk dan keluar berbeda dengan spesifikasi smartphone kita, jika anda terus menerus charger dengan power bank lama kelamaan baterai anda akan rusak dan kembung.

Dan perlu di ingat apa salahnya kita membaca buku panduan dari Smartphone masing-masing,tentunya cara melakukan perawatan atau tips di masing-masing merk smartphone berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here