Home Internet 6 Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Tertipu

6 Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Tertipu

527
8
6 Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Tertipu

Saat ini banyak orang tidak lagi melakukan cara tradisional seperti pergi ke toko atau mal untuk membeli barang. Mereka lebih memilih belanja secara online, berbelanja barang secara online memanglah sangat efisien, selain dengan mudah dan simple, kita tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk pergi ke toko yang akan kita datangi.

Mengenai belanja online, patut kita waspadai mengenai hal keamanan, agar kita terhindar dari modus penipuan atau hal semacamnya, maka sejak saat inilah kita harus mengetahui bagaimana cara berbelanja online yang aman, berikut 5 Tips Belanja Online yang aman.

[postingan number=3 tag=”online” ]

  1. Belanja di situs terkenal dan terpercaya

Sebagian besar kasus yang pernah ketipu saat belanja online melalui media social atau situs yang kurang memiliki kredibel, dan juga iming-iming harga murah, pastikan ketika kalian ingin membeli barang lihat juga dari harga normalnya di pasaran, jangan karena harga lebih murah dari normalnya kalian tergiur dan ingin membelinya.

Pastikan juga website yang Anda pilih memiliki populeritas yang baik seperti ada iklan di TV,Radio atau majalah, sebaiknya kalian jangan membeli suatu barang di social media, karena saat ini banyak kasus penipuan yang terjadi melalui social media, karena saat ini ada beberapa situs yang menyediakan tempat berjualan barang apa saja untuk para pengusaha kecil menengah seperti Tokopedia dan BukaLapak.

Situs Belanja Online Yang Terpopuler dan Terpercaya:

  • TokoPedia
  • BukaLapak
  • Lazada.Co.Id
  • Blibli
  • MatahariMall
  • Elevenia
  • Dsb
  1. Web telah terenkripsi SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah alat untuk memberikan privasi ketika Anda memberikan informasi dalam sebuah situs web. Anda dapat melihat SSL di address bar browser anda, jika web yang kalian kunjungi di awali dengan HTTPS (Warna Hijau) berarti web tersebut memakai SSL sehingga jika di dalam web tersebut terdapat transaksi langsung keamanan anda akan terjamin, namun jika kalian kunjungi toko online yang tidak memakai SSL di ujung address bar hanya ada HTTP saja atau WWW, patut kalian waspadai bahwa di web tersebut tidak terjamin keamanannya,

  1. Jadilah Bijaksana
Baca Juga Gan ! :  Apa Itu RekBer ? dan Bagaimana Sistem Kerja RekBer

Pelu kalian ketahui di dalam bertransaksi secara online kalian harus menjadi smartbuyer,sebelum kalian membeli barang tersebut,pastikan kalian telah membaca Deskripsi barang tersebut dengan detail, dan juga melihat feedback yang diberikan pembeli sebelumnya apakah responya baik atau tidak.

Selain itu dalam pembayaran yang perlu kalian isi ialah hanya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak dan nomor kartu kredit (tergantung pada jenis pembayaran).

kalian tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya yang akan terkait dengan transaksi tersebut karena ini dapat memberikan kesempatan orang mencuri identitas Anda.

4.Lindungi Komputer Anda

Pastikan kalian menginstal program anti-virus yang akan melindungi Anda dari virus, program Malware, dan Spyware yang dapat mengakses informasi dari komputer Anda.

  1. COD (Cash On Delivery)

Jika ada metode pembayaran dengan cara COD sebaiknya kalian pilih, karena dengan cara ini kalian hanya menunggu kurir untuk mengantarkan barang ke rumah anda, dan pembeli akan lebih enak dalam melakukan pembayaran biasanya situs-situs tertentu yang bisa melakukan metode pembayaran ini.

6. Simpan Bukti Pembayaran

Simpan bukti pembayaran sewaktu-waktu ada hal yang tidak di inginkan terjadi dan kalian memiliki bukti bahwa anda telah melakukan transaksi tersebut, ini sangat penting jika penjual tidak kunjung mengirimnya, anda bisa melaporkan hal tersebut ke admin situs yang kalian tadi order.

8 COMMENTS

  1. Kalau ane menerapkan sistem COD lebih aman dan kita juga bisa melihat langsung kondisi barang..
    Artikel sangat bermanfaat gan semoga menjadi pelajaran untuk para pembeli online agar terus berhati hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here