Home Kesehatan Bahaya Kanker Serviks, Berikut Cara Pencegahannya

Bahaya Kanker Serviks, Berikut Cara Pencegahannya

12
0

Kanker serviks merupakan penyakit berbahaya  yang banyak menyerang wanita. Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papiloma virus) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau gesekan antar kulit saat terjadi luka. Tidak semua jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks. Beberapa HPV dapat menyebabkan kutil kelamin.

Kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Rutin Melakukan Pap Smear

Pap smear merupakan lini terbaik untuk awal deteksi kanker. Metode screening pap smear bisa mendeteksi sel-sel pada serviks yang berpotensi menjadi kanker. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali pada usia 21 tahun, terlepas apakah Anda sudah pernah berhubungan seksual atau belum. Tapi, jika usia Anda sudah lebih dari 21 tahun, Anda belum terlambat untuk segera melakukan pemeriksaan ini.

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin setiap tiga tahun sekali (tanpa disertai tes HPV), bagi Anda yang berusia 21-30 tahun. Sedangkan bagi Anda yang berusia lebih dari 30 tahun, Anda disarankan untuk melakukan pap smear (disertai dengan tes HPV) setiap lima tahun sekali. Lakukan pemeriksaan pap smear segera rutin untuk mengurangi risiko kanker serviks

  • Mendapat Vaksinasi HPV

Cara lain yang tidak kalah penting adalah vaksinasi HPV. Anda yang berusia 9-26 tahun sebaiknya melakukan vaksinasi HPV untuk pencegahan kanker serviks, baik wanita maupun pria. Terlepas apakah anda sudah aktif secara seksual ataupun tidak. Vaksinasi HPV memang sebaiknya dilakukan saat seseorang belum aktif secara seksual. Bagi orang yang telah aktif secara seksual sebaiknya melakukan pap smear terlebih dahulu. Jika hasil pap smear normal, maka anda dapat langsung mendapatkan vaksinasi HPV. Akan tetapi jika hasil tidak normal, anda akan diarahkan untuk tindakan selanjutnya sesuai dengan diagnosa dokter.

Vaksin HPV memang sebagai salah satu upaca pencegahan kanker serviks. Akan tetapi ketika anda sudah melakukan vaksinasi, itu tidak menjamin anda akan terbebas dari kanker serviks seumur hidup. Vaksinasi ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan rutin melakukan pap smear.

  • Hindari Merokok

Setiap manusia memiliki kecenderungan alami membentuk kanker. Kecenderungan ini dapat ditekan dengan pola hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok. Rokok mengandung racun yang bersifat oksidatif sehingga dapat memicu terbentuknya kanker dan bertambah ganas.

  • Lakukan Seks yang Aman

Lebih dari 90% kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Melakukan seks yang aman dengan menggunakan kondom dapat mengurangi resiko terkena kanker. Berganti-ganti pasangan dapat meningkatkan resiko terkena kanker, untuk itu setialah pada pasangan. Meskipun seorang wanita hanya memiliki satu pasangan seks, apabila suaminya bergonta-ganti pasangan maka akan meningkatkan resiko kanker.

Demikian artikel mengenai bahaya kanker serviks,semoga dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.