Pilih Mana Antara Blogspot atau Wordpress

Pilih mana antara blogspot atau wordpress – mungkin pertanyaan ini menjadi dilema jika kalian ingin membuat suatu blog akan tetapi bingung memilih platform antara blogspot atau wordpress, memang kedua platform ini merupakan platform yang banyak digunakan diseluruh dunia, akan tetapi perlu kalian ketahui ada beberapa platform untuk membuat sebuah blog selain blogspot dan wordpress antara lain tumblr,joomla,blog detik dan lain sebagainya.

Disini saya akan memberikan informasi kepada kalian mengenai Blogger Vs WordPress manakah yang baik buat anda ?

Blogspot

Merupakan platform yang dikelola oleh Google ini merupakan platform yang banyak digunakan oleh kalangan blogger diseluruh dunia, selain Gratis, platform blogpsot sangat mudah di kustomisasi orang awam yang belum tahu betul mengenai blog pun bisa sangat mudah penggunaannya, selain itu dari segi keamanan sangat baik karena kita tidak perlu berurusan dengan yang namanya database atau segala macam selagi kalian tidak memberi tahu password akun Google anda ke orang lain, karena membuat sebuah blog menggunakan blogspot kita hanya perlu akun Google untuk membuatnya untuk menjaga keamanan akun anda sebaiknya buatlah password yang kuat dan verifikasi nomor aktif anda, agar terhindar dari hal yg tidak di inginkan. Lalu apasih kelebihan blogspot dari pada wordpress ?

Kelebihan Blogspot dari pada WordPress

  1. Penggunaannya cukup mudah, jika kalian baru pertama kali dalam dunia bloging sangat disarankan menggunakan blogspot untuk tahap belajarnya.
  2. Pilihan tampilan (Template) yang beraneka ragam bisa kalian pilih mulai dari yang gratis hingga berbayar, dan pengeditannya pun cukup mudah karena di blogspot hanya menggunakan bahasa HTML,XML,dan CSS
  3. Tutorial blogspot lebih banyak kalian temukan di internet,meliputi pengeditan tampilan,SEO,Widget dan lain sebagainya.
  4. Kalian bisa menjadikan hobi menulis menjadikan tempat penghasilan sampingan,yaitu dengan memasang iklan dari google yaitu Google Adsense
  5. bebas upload foto/video di dalam artikel blog,karena di blogspot tidak ada batasan untuk bisa upload foto dan lain sebagainya.
  6. Terhindar dari serangan hacker atau malware, karena di blogspot menggunakan server dan database langsung dari Google, jadi lebih terjamin keamanannya.
  7. Selamanya, kalian bisa menggunakannya selamanya hingga bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, asalkan tidak melanggar kebijkana Google.

Kekurangan Blogspot dari pada WordPress

  1. Bisa dihapus sewaktu-waktu oleh Google, jika kalian melanggar kebijakan Google
  2. Keterbatasan,seperti tidak adanya plugin seperti wordpress
  3. Menggunakan subdomain blogspot sehingga alamat blog anda menjadi panjang, kecuali kalian menggunakan custom domain.

WordPress

WordPress sendiri memiliki dua macam yaitu versi gratis dan versi berbayar, dalam artian yang versi gratis sama seperti blogspot memiliki kelebihan yang sama,akan tetapi disini kalian bisa menambahkan plugin yang bisa kalian pilih sesuka hati sesuai dengan kebutuhan,tetapi plugin tersebut terbatas di versi ini, dan kalian juga tidak bisa memasang iklan dari Google Adsense. Versi berbayar dalam artian kalian harus mempunyai domain dan tempat penyimpanan itu sendiri yaitu hosting, untuk WordPressnya bisa kalian dapatkan secara gratis di WordPress.org

Kelebihan WordPress.com

  1. Free,sama seperti blogspot namun disini kalian bisa menambahkan plugin akan tetapi pluginnya terbatas.
  2. Server dan hosting dikelola oleh WordPress bukan Google
  3. Selebihnya saya rasa sama dengan blogspot

Kekurangan WordPress.com

  1. Plugin terbatas
  2. Tidak bisa pasang iklan Google Adsense
  3. Sulit untuk mengkostumisasi tema,karena disini menggunakan bahasa PHP
  4. Menggunakan subdomain,sehingga nama blog anda menjadi panjang
  5. Harus mengikuti kebijakan WordPress
  6. Tidak bisa mengcustom domain, bisa mengcustom tetapi harus upgrade ke pihak WordPressnya

Kelebihan WordPress Self Host (WordPress.org)

  1. Full akses,karena kita sendiri yang mengkelola
  2. Beraneka ragam plugin yang dapat kita pasang,sehingga medukung saat kita ngeblog,contohnya memasang plugin untuk SEO,Kecepatan Blog dan lain sebagainya
  3. Tidak berkekaitan dengan kebijakan WordPress.com karena yang kita install merupakan CMS Open Source
  4. Walaupun Open Source, kita akan mendapatkan update resmi dari developer
  5. Plihan tema yang banyak,seperti personal,blog,website dan lain sebagainya
  6. Mendukung SSL (Sertificate Socket Layer) atau yang bisa kenal HTTPS untuk mengamankan blog web kita, selain mengamankan blog web kita, ternyata SSL dapat meningkatkan SEO dalam blog
  7. Lebih proffesional

Kekurangan WordPress Self Host

  1. Membutuhkan biaya ekstra untuk biaya domain dan hosting atau VPS jika kalian menggunakan VPS.
  2. Setidaknya tahu menangani trouble yang terjadi jika ada error di dalam wordpress
  3. Sulit mengcustom tema,kecuali kalian sudah paham dengan bahasa PHP dsb.
  4. Harus rutin membackup database dan data lainnya, agar terhindar dari hal yg tidak di inginkan.
  5. Waspada dengan serangan orang yang tidak bertanggung jawab.
  6. Jika ingin membeli Theme premium, harga relative mahal.

Kesimpulan

Mau Blogspot atau WordPress saya rasa sesuai dengan selera dan kebutuhan kita, jika pilihan anda menggunakan Blogspot saya sarankan rajinlah membackup artikel anda agar suatu saat blog anda terhapus atau hal lainnya anda mempunyai backupnya, jika pilihan anda WordPress Self Host jangan gunakan theme dan plugin yang bajakan agar terhindar dari malware atau hal lainnya yang bisa mengancam blog anda.

Kelebihan dan kekurangan yang saya tulis merupakan hasil sepengetahuan saya,jika ada kesalahan kata saya mohon maaf dan akan saya update untuk membenarkan tulisannya, dan jika ada pertanyaan mengenai topic di atas, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here