Home Kesehatan Cara Alami untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal

Cara Alami untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal

113
0

Banyak orang ingin memiliki badan ideal dengan cara alami, apalagi kebanyakan kaum hawa sangat memerhatikan bentuk dan berat badan. Penggunaan obat pelangsing pun banyak digunakan untuk memperoleh tujuan ini. Padahal, banyak obat pelangsing yang tidak jelas bahan dasarnya dan memiliki efek samping yang berbahaya. Alternatif penggunaan obat pelangsing adalah dengan bahan-bahan alami buatan sendiri sehingga dapat meminimalkan resiko dan tetap sehat tanpa kimia.

Beberapa cara alami untuk menjaga badan tetap ideal adalah sebagai berikut:

  • Perbanyak Air Mineral

Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral dapat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kerja ginjal, membuang racun secara alami (detoksifikasi alami), membuat kulit lebih cerah dan segar, membantu kinerja otak. Air miner juga bisa menurunkan berat badan. Caranya sebelum makan, kita sebaiknya minum air mineral satu gelas terlebih dahulu sehingga porsi makan akan terkendalikan.

  • Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan yang mengandung banyak serat contohnya adalah brokoli, kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, beras merah, jagung, pir, kubis. Manfaat makan makanan kaya serat diantaranya adalah bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah kolesterol, melindungi usus dari penyakit usus besar, menjaga gula darah, dan memperlambat penyerapan glukosa.

  • Makan Teratur dengan Porsi yang Sesuai

Banyak orang beranggapan mengurangi frekuensi makan dalam sehari akan menurunkan berat badan. Bahkan, ada yang melakukan diet ketat dengan hanya makan sekali sehari. Wah tentu saja itu berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya, yang dimaksud dengan diet itu mengatur pola makan, bukan mengurangi frekuensi makan dalam sehari. Apabila kita terbiasa makan dengan kadar karbo tinggi (nasi, jagung, kentang) dalam jumlah banyak, bolehlah dikurangi porsinya tapi jangan terlalu signifikan. Kemudian apabila kita terbiasa makan makanan berlemak sangat banyak juga boleh dikurangi porsinya. Porsi karbo dan lemak yang dikurangi tadi tidak lantas hilang, akan tetapi diganti dengan menambah porsi sayur dan buah. Menu makanan bergizi seimbang sangat diperlukan tubuh. Selain untuk menjaga asupan nutrisi juga bisa untuk mencegah obesitas (kegemukan).

Baca Juga Gan ! :  Cara Menganalisis dan Mengatasi Kerusakan Hardware Komputer

Frekuensi makan tetap dilakukan 3 kali sehari, yang terdiri dari sarapan, makan siang dan makan malam. Makan malam usahakan maksimal jam 6 malam atau setelah maghrib. Makan malam yang terlalu malam akan memicu kegemukan karena saat tubuh belum mencerna sepenuhnya makanan, kita sudah tidur. Sehingga nutrisi yang kita makan tidak dikeluarkan sebagai energi karena kita tidak beraktifitas dan justru disimpan dalam bentuk cadangan makanan (lemak) di dalam tubuh.

  • Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat menyerap kalisum dan sel-sel lemak, sehingga berat badan turun. Konsumsi jeruk nipis yang baik pada pagi hari dan dicampur dengan air hangat.

Jadi, itu 4 tips dan saran agar badan anda tetap ideal secara berat badan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini.. terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here