Untuk pengguna WordPress self hosted, memilih lokasi hosting yang tepat adalah faktor penting berkaitan dengan kecepatan situs dan kepuasan pengunjung.

Semakin dekat pengunjung dengan lokasi server hosting anda, maka situs akan lebih cepat diakses

Misalnya saja target visitor adalah negara US maka rekomedasi terbaik gunakan lokasi server di US juga. Tidak mungkin targetnya visitor US yang dipilih, tapi server hosting ada di Indonesia.

Dari jarak antar dua negara saja sudah jauh apalagi kecepatan aksesnya. Terlebih lagi bandwith US yang menuju ke Indonesia terkenal sangat kecil dan bukannya menjadikan visitor nyaman dengan akses yang cepat, mereka malah keburu meninggalkan situs anda karena loading yang tidak kunjung selesai.

[postingan number=3 tag=”wordpress” ]

Kenapa Cek Lokasi Server Hosting Penting Dilakukan ?

Setelah membeli hosting di lokasi server yang tepat, bagaimana anda tahu server tersebut benar-benar berlokasi di negara yang dipilih ?

Hal ini perlu anda pikirkan untuk memastikan provider hosting benar-benar jujur memberikan pelayanan terutama yang tertera di situs mereka soal lokasi server hosting.

Sebab bisa saja yang terjadi mereka mengklaim server hosting di US tapi setelah di cek ternyata ada di Eropa. Bukankah ini hal yang aneh ?

Bisa juga bukannya memamkai Data Center asli US, justru setelah dicek mereka menggunakan CDN gratisan seperti CLoudflare. Tapi cloudflare kan sama-sama US kenapa harus diperdebatkan ?

Perlu anda ketahui misalnya sebuah situs dengan hosting berlokasi di Indonesia tapi memakai CDN cloudflare maka IP yang terdeteksi adalah IP US Cloudflare. Dengan kata lain, penggunaan CDN akan membuat IP address asli server hosting berubah menjadi IP milik CDN.

Inilah ciri-ciri provider hosting tidak berkualitas yang rata-rata memberi harga super murah dan menjadikan pemula sebagai target sasarannya.

Baca Juga Gan ! :  Manfaat Dan Cara Melakukan Defragmentasi Pada Komputer

Lalu, bagaimana cara mengetahui lokasi server hosting sebuah situs ? Inilah panduan selengkapnya untuk anda.

Cara Mengetahui Lokasi Server Hosting

Caranya sangat mudah yaitu kunjungi Check-Host.net, kemudian masukkan alamat domain atau IP address situs anda dan klik Info.

Disini akan ditampilkan data lengkap mulai dari IP Address sampai dengan Kode Post server hosting yang dipakai.

Selain mengetahui lokasi server hosting, anda juga bisa cek kualitas koneksi jaringannya dengan klik di tab Ping, HTTP, Port dan DNS.

Selain itu di tab DNS anda juga dapat mengetahui berapa lama waktu TTL (Time To Live) dari IP address dan DNS yang digunakan tetap hidup. Hal ini sangat penting apabila anda berpindah hosting setelah mengganti nameserver dan masih menunggu propagasi.

Waktu yang tertera menunjukan berapa lama IP address dan DNS akan diperbarui mengarah ke hosting yang baru.

Saya harap artikel ini dapat membantu anda mengetahui lokasi server hosting sebuah situs dan bermanfaat untuk semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here