Cara Update OTA All Rom MIUI di TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro

Bagaimana cara update versi rom miui redmi note 3 pro ? – Redmi Note 3 Pro yang secara resmi masuk di Indonesia dalam keadaan jaringan 4G di kunci,karena device ini tidak memenuhi syarat TKDN,yang kini pemerintah membuat peraturan baru untuk smartphone berjaringan 4G agar memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Hal ini membuat pihak Xiaomi mengunci jaringan 4G di Indonesia agar Redmi Note 3 Pro dapat dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Namun untuk saat ini Xiaomi secara resmi telah membuka pabrik di Indonesia yang bertepatan di Batam,Kepulauan Riau,sehingga smartphone yang dibuat oleh Xiaomi tidak lagi jaringan 4Gnya di kunci. Lalu bagaimana nasib smartphone Xiaomi lainnya yang 4Gnya di kunci seperti Redmi Note 3 Pro (Seri Qualcomm) ? salah satu alternatif ialah kalian mau tidak mau harus mengoprek hp tersebut atau merubah rom dari rom global ke rom china, pada dasarnya mengoprek atau mengubah system bawaan android seperti hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya garansi (Resmi) atau terjadinya bootlop atau hardbrick, Hal tersebut disarankan untuk kalian yang mempunyai nyali tinggi dan kemampuan mengoprek atau kalian bisa mengeluarkan dana lebih untuk membawanya ke konter terdekat.

Tutorial yang akan dibagikan disini, Jika Redmi note 3 pro anda baru saja memasang TWRP dan agar mendukung update OTA.

Syarat wajib yang utama Redmi Note 3 Pro anda sudah harus dalam keadaan Unlock Bootloader resmi,dan sudah terpasang recovery pihak ketiga yakni TWRP ZCX. mari disimak dibawah ini. Mohon dengan sangat disimak tutorial berikut dengan teliti sampai akhir !!

1. Masuk ke dalam TWRP dengan cara, masuk ke menu Pembaruan > klik titik di pojok atas dan pilih > Mode Pemulihan

2. Setelah masuk ke TWRP ceklis “Support MIUI OTA”

TWRP ZCX
Gambar: forum.xda-developers.com

3. Reboot System > cek tahap di bawah ini

4. Setelah itu kalian harus mendownload full rom yang saat ini anda pakai, misalkan kalian saat ini berada di versi MIUI GLOBAL 8.2.3.0 maka download dulu rom tersebut di website resmi miui di en.miui.com (Format .ZIP)

5. Maka setelah selesai di download pastikan downloadan tersebut tidak korup dan pindahkan saja di luar folder alias tanpa berada di dalam folder. pastikan juga baterai hp anda di posisi 50% ke atas. agar menghindari hal yang tak terduga.

6. Next, Install rom tersebut via TWRP, masuk ke TWRP lalu pilih Install > dan pilih rom yang tadi kalian download

7. Tunggu ! pada tahap ini memerlukan waktu yang sedikit agak lama kurang lebih 15 menit bahkan lebih.

Gambar: forum.xda-developers.com

8. Setelah selesai maka akan restart sendiri dan kalian harus tunggu lagi beberapa saat sampai masuk ke home screen. jika telah sukses masuk home screen jangan lupa flash FIX 4G kembali sesuai dengan versi MIUI kalian.

9. Jika ada pembaruan MIUI maka pada dasarnya sama seperti sebelum kalian memasang TWRP, filenya rom bisa saja kecil,

Gambar: forum.xda-developers.com
Gambar: Proses pembaruan OTA,(forum.xda-developers.com)

Penting !! FULL ROM (seperti tutorial di atas) hanya sekali install jika kalian baru memasang TWRP ZCX, dan setelah itu tidak harus full rom lagi.

Info: di penyimpanan Telepon anda ada folder TWRP dan didalamnya ada folder NEW dan OLD, jika kalian pernah melakukan update OTA maka secara otomatis kedua folder tersebut berisi file backupan system, Opsional: bisa hapus isi folder OLD, Isi folder NEW jangan di hapus !!. Jika masih ada keraguan dan kendala bisa kalian tanyakan di kolom komentar.

Sumber: Pengalaman pribadi / XDA Developers

Demikian tutorial sederhana ini saya buat mengenai Cara Update OTA All Rom MIUI di TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro, Terima kasih 🙂

7 COMMENTS

  1. mau nanya gan soal tutorial di atas,itu yg di download file rom updater atau rom fastboot ya ?soalnya kebetulan saya baru pasang twrp juga,dan baru gantirom ke developer china pake miflash pale file rom fastboot yg formatnya tgs.

  2. sekedar share: ota itu singkatnya berformat .zip. Kalo flashing berformat tgz. Kenapa harus update hp melalui twrp, karena Klo di Twrp, data aplikasi dan file kita tidak akan hilang. Kalo flashing data di hp harus diformat semua, biar system tidak bentrok.
    mohon koreksi kalo salah.

  3. gan saya udh install twrp,posisi rom dev,tapi ketika ada update an di updater misalnya 45 MB,nah ane download tuh,trus d reboot. ehh malah failed,try downloading full rom. tadinya 45MB mesti download full rom yg ukurannya 1,2 GB. gimana caranya supaya tiap ada notif update yg kecil ttp bisa terinstall. makasih gan

    • emang begitu gan,awalnya harus full rom dlu, kemudian nanti kalau ada update lagi baru bisa deh yg sizenya kecil, jangan diroot gan nanti yg ada sizenya gede terus kalau tiap update

  4. Gini gan saya cari rom ane versi 8.5.3.0 di miui resmi gak ada gan? Yang redmi note3 qualcomm global. Yang ada cuma di qualcom china gan padahal rom ane global terus last updatenya 8.5.5.0 gan yang china. Padahal di hp ane yang kadang muncul itu pembaruan terbarunya sesuai yang di rom global gan. Solusi dong gan

  5. Work gan 100% , tapi belum coba berani update soalnya sizenya gak berubah sebelum ane ikutin tutor ini dan setelahnya masih tetep 1.1 GB untuk update 8.5.7.0 takutnya nanti gagal gan soalnya kuotanya sekarat. Tapi kalo emang bakalan terupdate biarin dah habis sekalian. Makasih gan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here