Home Tips Menarik Ingin Buat Blog Menggunakan WordPress Self Host,Baca Dulu Ini

Ingin Buat Blog Menggunakan WordPress Self Host,Baca Dulu Ini

603
Ingin Buat Blog Menggunakan Wordpress Self Host,Baca Dulu Ini

WordPress merupakan sebuat CMS multifungsi untuk membuat sebuah website,blog bahkan online store sekalipun, tidak heran wordpress kini sudah terkenal hingga keseluruh pelosok dunia, bahkan di Indonesia sendiri wordpress kini tidak asing lagi kita dengar. WordPress sendiri di Indonesia sudah banyak yang menggunakan karena fungsinya yang begitu beraneka ragam, tidak heran di wordpress kita bias membuat sebuah website profil perusahaan,sekolah atau pun profil kita sendiri,selain itu jika kita mempunyai bisnis kita dapat memanfaatkan wordpress sebagai media untuk berjualan secara online atau online store dengan cara menggunakan plugin Wo Commerce.

Lalu bagaiamana saya harus memulai untuk membangun sebuah blog dengan menggunakan wordpress ? dan apasih kelebihan dari wordpress dari cms lain, di sini saya akan memberikan informasi kepada kalian mengenai kelebihan wordpress versi BarisanInfo.

Persiapan Sebelum membangun sebuat website/blog menggunakan wordpress self host.

Domain dan Hosting

Domain dan hosting merupakan hal pertama yang wajib kalian miliki, domain sendiri merupakan identitas dari website atau blog anda, kalau kalian tidak mempunyai domain maka tidak akan bisa membuat website/blog menggunakan wordpress, selain domain, kalian harus mempunyai hosting, hosting sendiri merupakan tempat dimana kalian akan menyimpan data-data yang berbasis online.

Lalu bagaimana caranya saya dapatkan domain dan hosting tersebut ?

Disini kalian bisa membelinya di provider penyedia domain dan hosting, kalian bisa mencarinya di internet (browsing) dengan keyword hosting dan domain murah, maka akan banyak daftar di pencarian google provider yang menyediakan penyewaan domain dan hosting tersebut, kalian bisa membelinya dengan cara bayar perbulan atau pertahun, namun untuk sekarang ini saya lihat banyak provider yang memberikan bonus kepada calon buyer, dengan kalian membeli paket hosting tertentu kalian akan mendapatakn domain gratis alias sudah satu paket.

[postingan number=3 tag=”wordpress” ]

Setelah saya membeli domain dan hosting bagaimana cara selanjutnya ?

Setelah kalian membeli domain dan hosting kalian masuk ke dalam Client Area dan pilih Login Cpanel untuk melakukan penginstallan wordpress, di sini kalian bisa memilih akan menginstall wordpress secara manual atau otomatis, jika memilih manual kalian harus mendownload dulu filenya di www.wordpress.org dan uploadlah ke dalam file manager hostingmu, namun jika kalian sudah paham dan mengerti hal ini tidak masalah, namun jika kalian awan dengan cara itu sebaiknya gunakanlah tools yang dapat mempermudah penginstallan CMS, dengan cara menggunakan Softaculous, buka saja softaculous disitu banyak CMS yang bisa kalian pilih tidak hanya wordpress yah, namun beraneka ragam CMS yang bisa kalian pilih, namun topic pembahasan kali ini ialah wordpress jadi pilihlah wordpress, setelah kalian klik maka akan terlihat gambaran seperti di bawah ini,

dan klik saja install, disitu terdapat pemberitahuan apa fungsinya, namun menggunakan bahasa inggris untuk mempermudah silahkan translate ke dalam bahasa Indonesia (Google Translate dll). Setelah itu klik saja install dan tunggu saja kurang lebih satu menit website/blog kalian akan selesai di buat, dan setelah selesai bukalah dashboard wordpress kalian dan atur sesuka kalian.

Informasi di atas ialah versi wordpress menggunakan self host, jika kalian ingin menggunakan wordpress dengan secara gratis gunakanlah wordpress.com, akan tetapi jika kalian memilih wordpress.com hak akses yang begitu terbatas alias kalian harus mematuhi aturan yang di berikan oleh pihak wordpress.com, namun ini sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar menggunakan wordpress tanpa harus keluar biaya. Namun ketika kalian membuat nama website/blog anda maka akan menggunakan subdomain yang wordpress.com contohnya saja namadomainkamu.wordpress.com

Masih pemula dalam wordpress ?

Jika kalian belum paham mengenai wordpress dan ingin belajar lebih dengan wordpress carilah informasi atau tutorial dalam dunia wordpress dengan cara gratis yaitu browsing pasti akan banyak informasi dan tutorial yang tersedia, dan juga gabunglah di grup/forum wordpress di social media seperti facebook dll agar kalian bisa mengenal secara akrab dengan sesame pengguna wordpress dan bisa saling Tanya jawab.

Setelah penjelasan mengenai wordpress dan cara installnya, lalu apasih kelebihan wordpress itu sendiri ?

Kelebihan WordPress dari CMS lain ?

Untuk kesimpulan yang saya dapatkan ialah wordpress open source alias gratis dan bebas mau di otak-atik, selain itu kita akan mendapatkan update versi yang lebih baru dan tentunya akan lebih aman dari serangan hacker maupun hal lainnya yang tidak kita inginkan, Plugin yang beraneka ragam dan di kembangan oleh banyak developer handal bisa didapatkan secara free maupun premium sehingga akan lebih nyaman menggunakan wordpress. Tema yang bagus-bagus dan beraneka ragam,kalian bisa dapatkan secara free maupun yang berbayar.

Kekurangan WordPress ?

Kalian harus memiliki hosting dan domain sendiri dan tentunya harus mengeluarkan dana sesuai dengan harga sewa,

Rentan dengan serangan hacker maupun hal lainnya, namun bisa kalian meminimalisirkan dengan menginstall plugin security wordpress atau dengan cara lainnya yang bisa menjaga blog anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here