Inilah 6 Kelebihan SSD dibanding HDD yang Perlu Anda Ketahui

0
12
views
Inilah 6 Kelebihan SSD dibanding HDD yang Perlu Anda Ketahui

SSD (Solid State Drive) merupakan perangkat penyimpanan generasi terbaru sebagai pengganti HDD (Hardisk Konvensional). Kedua perangkat ini memang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan. Namun tahukah anda kalau SSD ternyata memiliki kelebihan dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh HDD. Oleh sebab itulah saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk membeli laptop SSD dibandingkan dengan HDD. Nah bagi anda yang penasaran, berikut adalah ulasan lengkap mengenai 6 kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD.

  1. Performa Jauh Lebih Baik

Telah terbukti memang performa yang dimiliki oleh SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Proses booting, pencarian file, transfer file, dan waktu yang dibutuhkan untuk membuka suatu program juga dapat berlangsung lebih cepat. Nah inilah salah satu keunggulan SSD yang menjadi alasan kuat bagi anda untuk mengganti HDD dengan SSD.

  1. Tidak Menimbulkan Suara Bising

Pada laptop yang menggunakan HDD seringkali terdengar suara bising yang terkadang cukup mengganggu penggunanya. Hal itu disebabkan oleh piringan yang merupakan komponen penyusun dari HDD. Sedangkan SSD komponennya terdiri atas sekumpulkan memori sehingga sama sekali tidak menimbulkan suara mengganggu.

  1. Lebih Ringan

SSD disusun oleh sekumpulan memori sehingga bobotnya tidak seberat HDD yang tersusun oleh piringan. Inilah keunggulan lain SSD yang perlu anda perhitungkan. Mengingat saat ini banyak orang menginginkan perangkat elektronik dengan mobilitas dan fleksibilias yang tinggi. Dengan bobotnya yang ringan, tentunya akan membuat perangkat yang menggunakan SSD lebih nyaman untuk dibawa kemana-mana.

  1. Lebih Tahan dengan Guncangan

Pada HDD terdapat piringan yang terus bergerak ketika sedang bekerja. Apabila komponen ini mengalami guncangan tentu saja dapat mengganggu kinerjanya. Itulah mengapa HDD lebih rentan rusak ketika mengalami benturan atau terbanting. Lain halnya dengan SSD yang sama sekali tidak ada komponen bergerak di dalamnya sehingga membuatnya lebih tahan terhadap guncangan dan benturan.

  1. Lebih Hemat Daya
Baca Juga Gan ! :  7 Jenis Virus Komputer Yang Patut Kalian Waspadai

Kelebihan lain dari SSD yang perlu anda ketahui adalah lebih hemat daya listrik. Meskipun perbedaan daya yang digunakan tidak terlalu jauh dengan HDD, namun tetap saja SSD lebih hemat listrik beberapa persen dibandingkan dengan HDD. Jadi apabila anda mempunyai PC dalam jumlah banyak, cobalah untuk menggunakan SSD supaya lebih hemat listrik.

  1. Lebih Cepat dalam Maintenance

Mungkin biasanya anda membutuhkan waktu yang cukup lama saat melakukan aktivitas maintenance seperti scaning, clean up registry, defrag, dan sebagainya. Namun hal ini tidak begitu anda alami saat menggunakan SSD. Berbagai proses maintenance pada PC dapat berlangsung lebih cepat dengan menggunakan SSD.

Itulah 6 kelebihan SSD dibanding HDD yang perlu anda ketahui. Tentunya mengganti HDD dengan SSD juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat kinerja laptop anda. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here