Home Teknologi Manfaat Dan Cara Melakukan Defragmentasi Pada Komputer

Manfaat Dan Cara Melakukan Defragmentasi Pada Komputer

471
0
Manfaat Dan Cara Melakukan Defragmentasi Pada Komputer

Mungkin anda pernah mendengar istilah defrag pada komputer. Yah, defrag sangatlah berguna untuk pengguna komputer karena bekerja memaksimalkan pekerjaan hardisk kita. Atau bahkan bisa unuk merawat komputer kita agar tetap awet.Namun apa sih defrag itu sehingga sangat bermanfaat seperti itu ? Dan bagaimanakah cara kita melakukan defrag tersebut ? Baiklah simak beberapa penjalasan dibawah ini.

1. Pengertian Defragmentasi Pada Komputer
Defragmentasi adalah program pada suatu sistem operasi komputer untuk menata ulang file file dan mengisi ruang kosong pada hardisk sehingga komputer kita berjalan dengan maksimal.
Jadi kalau diibaratkan dengan buku (sebagai hardisk) dan kertas (sebagai file), jika kita melihat lembaran lembarannya dan kita robek satu lembar maka akan terlihat kosong. Contoh lembaran yang dirobekkan adalah lembaran nomor 31. Nah, pasti kalau kita mau melihat lembaran 32, kita akan melewati lembaran 31 yang kosong tadi. Disinilah kegunaan defragmentasi, dimana lembaran 32 tadi akan digantikan ke lembaran 31 agar tidak perlu lagi melewati lembaran kosong.

2. Fungsi Defragmentasi
Seperti yang dijelaskan diatas, kita bisa melihat fungsi defrag itu, seperti :

  • Menjaga kestabilan komputer
  • Pembukaan aplikasi lebih cepat
  • Menata ulang penempatan sector file dalam hardisk
  • Menghindari bad sector
  • Menjaga keawetan komputer terutama hardisk

3. Cara Melakukan Defragmentasi

Melakukan defrag tidaklah sulit, karena program ini ada di dalam windows sehingga tidak perlu bantuan software pihak ketiga.

  1. Anda cukup klik kanan salah satu disk pada komputer anda
  2. Lalu pilih Properties
  3. Masuk ke tab Tools
  4. Klik Defragment Now

Selanjutnya anda hanya perlu

Analyze disk nya laluDefragmentDisk Jika anda mau menggunakan software pihak ketiga, anda bisa menggunakan Auslogics DiskDefrag. Software ini bersifat gratis. Anda bisa mengunduhnya di link official nya (https://www.auslogics.com/en/software/disk-defrag/).Kapan saatnya kita melakukan ini ? Sebaiknya lakukan defragmentasi satu bulan sekali. Jika anda sering melakukan instal software atau uninstal software, lakukan lah dua minggu sekali.

Baca Juga Gan ! :  6 Tips Cara Ampuh Menghemat Baterai HP SmartPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here