Manfaat & Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

0
114
views

Pentingnya Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Tidur cukup sangat penting bagi kesehatan. Istirahat adalah keadaan merelaksasikan tubuh. Istirahat tidak hanya dilakukan ketika tidur, tetapi bisa juga dengan duduk bersandar, sekedar melemaskan badan, mendengarkan musik dengan santai, ataupun berbaring. Intinya istirahat adalah keadaan dimana kita menghentikan sejenak aktivitas otot maupun otak untuk kembali menyegarkan badan dan pikiran. Istirahat yang palin baik adalah dengan cara tidur. Pada saat tidur, pikiran maupun tubuh kita juga berelaksasi. Berbeda jika kita istirahat hanya dengan duduk santai. Saat duduk santai, tubuh kita memang istirahat, tetapi pikiran kita belum tentu terbebas total dari masalah-masalah yang ada.

Pentingnya tidur cukup bagi kesehatan, dikarenakan tidur dapat menjaga kondisi tubuh.  Cara mengatur tidur cukup bisa diiringi dengan tidur siang minimal 1 jam sehari. Dilanjutkan dengan tidur malam. Total waktu tidur orang dewasa adalah 7-9 jam sehari. Remaja 8-10 jam, anak-aak 6-13 jam dan balita 10-13 jam.

Hal-hal yang mendasari kita harus tidur cukup adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, tidur selama atau kurang dari 7 jam akan membuat tubuh rentan terserang penyakit. Di era modern ini, kebanyakan orang bekerja tanpa henti dan melupakan istirahat. Kurangnya istirahat menyebabkan tubuh akan bekerja terus sehingga sulit mengendalikan diri dan tidak terkontrol. Dampaknya tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit.

  • Detoksifikasi Alami

Racun yang mungkin saja terbawa masuk ketubuh kita bersama makanan, bisa didetoksifikasi alami (membuang racun keluar dari tubuh). Proses detoksifikasi ini terjadi saat kita tidur. Waktunya terjadi di malam hri pada jam-jam tertentu. Jadi jangan coba-coba merubah, merusak, atau mengacaukan jam biologis tidur kita, atau dampaknya tubuh kita tidak bisa membuang racun pada saat kita tidur.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan
Baca Juga Gan ! :  6 Cara Mengatasi Penyakit Flu Secara Cepat Dengan Bahan Alami

Pada saat tidur, organ pencernaan akan bekerja maksimal, terutama pada lambung. Lambung akan menguras dan mencerna makanan dengan gerakan mengaduk dan dengan dibantu getah-getah lambung. Maka dari itu disarankan sesaat sebelum tidur kita tidak mengonsumsi makanan apapun.

Secara alami, asam lambung akan menngkat ketika kita tidur. Saat kondisi lambung kita penuh makanan, maka asam lambung yang dihasilkan akan lebih banyak dan bisa menyebabkan maag. Disarankan kita baru boleh tidur minimal jika telah 2 jam dari saat kita makan. Hal ini dilakukan agar resiko dapat diminimalkan.

  • Wajah menjadi lebih cerah

Jika anda mengamati, wajah orang yang tidur cukup tentu berbeda dengan wajah orang yang kurang tidur. Orang yang terbiasa cukup waktu untuk tidur akan terlihat cerah dan bersemangat pada wajahnya. Sedangkan orang yang kurang tidur akan terlihat lesu dan kusam. Setelah tidur, seseorang akan lebih asyik bila diajak berbincang-bincang bahkan bercanda, hal ini karena didalam pikirannya sangat segar tanpa beban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here