Home Info Menarik Manfaat Sarapan, Hal Penting yang Sering Dilupakan

Manfaat Sarapan, Hal Penting yang Sering Dilupakan

103
0

Sarapan merupakan hal penting yang sering dilupakan. Padahal Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi setiap hari untuk proses metabolisme. Proses metabolisme ini selanjutnya akan menghasilkan energi untuk aktifitas kita. Nutrisi yang dibutuhkan diperoleh dengan cara makan teratur. Standart makan teratur adalah dengan frekuensi 3 kali sehari yang meliputi sarapan, makan siang dan makan malam. Sebagian besar orang tidak terlalu mementingkan sarapan karena dianggap sepele. Padahal sarapan sangat penting bagi kesehatan. Melupakan sarapan dapat menimbulkan gangguan pada tubuh, seperti sakit kepala, letih, lesu dsb. Sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

Sarapan merupakan hal yang dianggap sepele, padahal sangat penting untuk kesehatan. Peranan sarapan bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Membantu Melindungi Tubuh dari Penyakit

Menurut studi, kadar kolesterol jahat (ldl) pada wanita sehat yang tidak sarapan selama dua minggu akan meningkat dibanding dengan wanita yag rutin mengonsumsi semangkuk sereal biji-bijian utuh kaya serat dan susu. Manfaat serat bagi tubuh bisa mengikat kolesterol lebih cepat sebelum kolesterol masuk ke arteri (pembuluh nadi). Penelitian selanjutnya membuktikan bahwa serat mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan membuang kelebihan estrogen. Kadar estrogen tinggi dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

  • Meningkatkan Kemampuan Otak

Pada saat bangun tidur, energi (dalam bentuk glukosa dan glikogen) telah habis digunakan untuk aktivitas kemarin. Sehingga sarapan diperlukan untuk menghasilkan energi. Energi digunakan otak untuk berfikir agar tetap fokus. Anak yang teratur sarapan setiap hari memiliki kecenderungan menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibanding dengan anak yang tidak sarapan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Tubuh melakukan pembakaran kalori dengan cepat saat ada makanan di dalam tubuh. Apabila makanan tidak tersedia di dalam tubuh, proses pembakaran akan berlangsung perlahan-lahan. Sarapan digunakan untuk memicu tubuh melakukan pembakaran di pagi hari dan mengakibatkan pembakaran kalori lebih efisien sepanjang hari tersebut. Mengonsumsi karbohidrat untuk sarapan sebaiknya dalam bentuk gula kompleks (nasi, jagung, kentang) dan bukan dalam bentuk gula sederhana (glukosa, galaktosa, fruktosa). Apabila anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana, maka berat badan akan cepat turun akan tetapi gula darah akan melonjak hebat.

Baca Juga Gan ! :  Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Konumsi sarapan dianjurkan dalam bentuk karbohidrat kompleks seperti oatmeals atau biji-bijian yang tinggi serat. Hal ini akan menyebabkan pencernaan berjalan perlahan dan kita bisa merasa kenyang lebih lama.

  • Memberi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Sarapan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sulit diproduksi tubuh. Sarapan adalah makanan paling sehat. Orang yang terbiasa sarapan setiap hari biasanya memiliki pola makan sehat yang menyeluruh. Menu sarapan yang disarankan mengandung biji-bijian utuh, protein, susu atau protein rendah lemak, buah-buahan dan sayuran.

itulah manfaat sarapan pagi untuk kesehatan,semoga artikel manfaat sarapan dapat menambah wawasan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here