Home Tips Menarik 3 Cara Mudah Menulis Artikel Blog Yang Baik dan Benar

3 Cara Mudah Menulis Artikel Blog Yang Baik dan Benar

317
3
3 Cara Mudah Menulis Artikel Blog Yang Baik dan Benar

Masalah yang paling menyebalkan bagi anda yang mau menulis artikel adalah bagaimana memulai menulis itu sendiri. Sebenarnya telah cukup banyak ide di kepala, namun justru banyaknya bahan itu susah untuk mengawali mana masalah yang paling awal yang akan ditulisnya.

Sebagai seorang blogger inti dari kegiatan bloggingnya yaitu membuat artikel atau konten yang menarik untuk dibaca orang lain, sederhana kan ? Tapi sebagian orang memiliki kesulitan umum yang sering dialami, misalnya terlalu lama untuk memikirkan konsep, ide atau gagasan tulisan.

Berikut ini adalah beberapa Tips bagaimana cara menulis artikel yang baik:

Mempersiapkan Bahan atau Data


Bahan atau data untuk menulis artikel itu sangat penting. Ibarat memasak, maka data adalah bahan yang akan dimasak itu sendiri. Data ini bisa berupa buku, Jurnal, koran atau majalah, data-data angka statistik, data hasil penelitian maupun wawancara dan lain-lain.

Untuk memperoleh bahan-bahan tulisan tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya mengumpulkan bahan-bahan dengan membuat klipping, membuat arsip dari beberapa makalah, mencari bahan via internet (ini yang banyak dilakukan para blogger sekarang), bahkan ada yang rajin mengikuti berbagai seminar, diskusi, berkunjung ke toko buku atau datang ke pameran. Semua itu dilakukan untuk menambah bekal dalam mengumpulkan bahan-bahan tulisan. Semakin banyak bekal, akan semakin memudahkan kita dalam menulis artikel secara logis dan sistematis.

 

Membuat Tulisan yang dibutuhkan


Pada era internet seperti sekarang ini, orang lebih sering mencari informasi yang mereka butuhkan  melalui mesin pencari seperti, google ataupun yahoo. Oleh karena itu dalam membuat artikel sebaiknya tentukan tulisan yang sesuai tema dengan blog atau website kita misalnya, tema blog kita membahas tentang informasi dan spesifikasi gadget, maka konten atau tulisannya banyak memberikan informasi dan spesifikasi tentang gadget seperti merek, harga, ukuran, dan lain sebagainya.

 

Gaya bahasa mudah dimengerti


Usahakan pada setiap artikel yang kita tulis mudah dimengerti oleh orang lain dengan gaya bahasa yang sederhana. Untuk memperoleh gaya bahasa yang mudah dimengerti diperlukan perenungan dan latihan secara berulang-ulang sehingga dapat mengasah kemampuan menulis kita. Menulis dengan gaya bahasa yang baik, disamping punya peluang untuk dibaca banyak orang, juga memungkinkan kita akan memiliki penggemar tersendiri.

Bagaimanapun cara kita menulis artikel, upayakan agar artikel tersebut member informasi yang relevan dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Demikian tips bagaimana cara menulis artikel yang baik, maka mulailah menulis sekarang juga, jangan tunda-tunda bila sudah ada ide untuk membuat tulisan.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here