Home Info Menarik Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN dan Fungsinya

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN dan Fungsinya

539
0
Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN dan Fungsinya

Apa itu vpn? vpn sering kita dengar saat obrolan mengenai internet. terkadang kita mendengar bahwa seseorang dapat mengakses internet hanya menggunakan vpn android. apakah benar vpn ini hanya bisa di gunakan di android saja? ternyata tidak sobat, vpn bisa di gunakan untuk browsing baik di hp atau smartphone dan juga di laptop atau komputer.

Lalu pengertian vpn itu sendiri apa? vpn ( virtual private network ) adalah sebuah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi khusus dari jaringan internet publik biasa. bisa di sebut juga bahwa vpn ini adalah jaringan pribadi. biasanya vpn di pakai oleh perusahaan besar dan juga lembaga pendidikan negara. selain di jaman teknologi yang semakin maju smartphone terutama android juga bisa menikmati teknologi ini.

Setelah tahu pengertian vpn, sekarang kita coba pelajari manfaat dan fungsi dari vpn itu sendiri. Fungsi utama vpn adalah mengamankan koneksi kita sehingga data yang kita terima atau kita download tidak bisa sembarangan di baca oleh pihak lain. disini kita sebut dengan enkripsi. semua data yang akan kita terima dan kita kirim semua harus melalui vpn terlebih dahulu. jadi vpn bisa ibaratkan sebagai portal. untuk menggunakan vpn kita harus setting dns dann ip khusus dari server VPN kita.

Fungsi lain dari VPN adalah menyembunyikan aktivitas online dan akses kita dari penyedia layanan jaringan. misalkan kita menggunakan wifi. id atau menggunakan kartu operator lain untuk akses internet. saat menggunakan vpn pihak operator tersebut tidak akan bisa mengetahui riwayat web atau blog yang kita kunjungi.

Rumor yang beredar di pengguna android adalah dengan VPN maka koneksi akan semakin cepat. apakah ini benar adanya? ternyata ini hanya gosip atau kabar burung saja. vpn hanya membuat jaringan yang kita akses terlindungi. sehingga tidak ada yang mampu membaca. untuk kecepatan internet itu tergantung pada provider yang kita gunakan. apabila ternyata jarigannya jelek maka koneksi juga tidak akan lancar. namun terkadang faktor lemot atau tidaknya bisa di sebabkan karena banyak iklan yang mengganggu. untuk menghilangkan iklan di android silakan baca tips atasi iklan di android

Cara setting VPN android :

Untuk setting vpn di android sangatlah mudah. kita hanya perlu download aplikasi vpn di playstore kemudian kita nyalakan. maka secara otomatis akan membuat account vpn sendiri. dan ini gratis. namun bila kita tidak ingin mengandalkan aplikasi pihak ketiga ya pilihan lain kita setting manual vpn di android kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here