Pilih Mana Antara Server Hosting USA Indonesia dan Singapore

Bingung pilih mana antara server USA,IIX (Indonesia) atau Singapore untuk pilihan hosting anda ? sebenarnya semua server itu sama saja,yang jelas membedakan ialah letak posisi server tersebut. Hal ini memang menjadi pertimbangan jika kalian ingin membuat sebuah website dan order paket hosting disalah satu provider hosting, nah di artikel ini akan di jelaskan secara singkat mengenai perbedaan server USA,IIX dan Singapore.

Kelebihan Hosting USA (Amerika) ?

  1. Cepat di akses dari mana saja karena USA (Amerika) adalah simpul dari internet dunia (termasuk Indonesia), hal ini sangat cocok untuk website anda yang mentargetkan global atau seluruh dunia.
  2. Pengiriman maupun penerimaan email lebih lancar ,routing ke mail server – mail server besar seperti Yahoo, Gmail, dan lain-lain cukup pendek dan relatif lebih stabil.
  3. Lebih mudah di Crawler atau bisa dibilang cepat di Index mesin pencari seperti Google,Bing,Yahoo dan lain sebagainya, karena lokasi server mesin pencari tersebut berada di USA.
  4. Koneksi Internet dari Uplink dan Downlink datacenter USA lebih stabil danJarang down.Sehingga website akan lebih stabil jika di akses.

Kekurangan Hosting USA (Amerika) ?

  1. Kecepatan akses dari Indonesia ke website anda akan sedikit lebih lambat, namun jika hosting yang anda pilih memang berkualitas hal ini tidak akan terasa lambat,walaupun di akses dari Indonesia. Yang dikatakan berkualitas ialah dari segi hardware atau teknologi yang digunakan oleh provider hosting yang anda pilih merupakan yang terbaik.
  2. Jika terjadi hardware crash, hanya bisa mengandalkan support external dari pihak datacenter.

Kelebihan Hosting Indonesia

  1. Lebih cepat diakses dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya lebih pendek
  2. Secara fisik, server yang berada di datacenter yang berlokasi di Indonesia atau biasa disebut Indonesia Internet Exchange (IIX).
  3. Sangat cocok jika anda mentargetkan hanya pengguna yang ada di Indonesia.
  4. Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pengguna

Kekurangan Hosting Indonesia

  1. Bandwidth internasionalnya relatif  kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo,Gmail, dan lain-lain sering terjadi kelambatan untuk sampai ke mail server luar.
  2. Lebih lambat jika diakses dari luar negeri, karena bandwidth Uplink di Indonesia mahal dan kecil.

Kelebihan Hosting Singapore

  1. Hosting server Singapore artinya, secara fisik, komputer / server yang berada di datacenter yang berlokasi di Singapore. kita ketahui bahwa akses internet Singapore lebih baik di bandingkan negara tetangganya,sehingga lebih cepat di akses di seluruh negara ASIA.
  2. Bisa menjembatani antara server di IIX dengan server US sehingga relatif cepat ketika diakses baik dari Indonesia, Asia maupun US
  3. Lebih cepat Singapore dari pada Indonesia, maksudnya ketika di akses dari kawasan Asia Pasifik lebih cepat server singapore.
  4. Terpengaruh oleh kondisi konektivitas jaringan internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.

 Kekurangan Hosting Singapore

  • Harga relatif sedikit agak mahal ketimbang server lainnya.

Lalu jika ingin membuat website blog menggunakan WordPress,pilih hosting yang mana ?

Hal pertama yang perlu kalian pikirkan ialah,target pengunjung web anda ke siapa ? apakah orang Indonesia saja,asia atau bahkan dunia, sebenarnya semua lokasi tersebut sama saja, kembali lagi pada pengelola webnya memilih yang mana. Namun untuk kalian yang ingin menggunakan WordPress dsb, sebagai salah satu CMS untuk web anda,sebaiknya disarankan memilih lokasi datacenter Amerika (USA) karena untuk akses ke server WordPress semisalnya untuk integerasi plugin atau tema lebih cepat dari IIX atau SG.

Mungkin ulasan diatas bisa membantu anda yang sedang ingin memilih hosting terbaik untuk website blog anda sebagai bahan pertimbangan, perlu diingat selain lokasi datacenter,kalian juga harus mempertimbangkan dari segi teknologi yang digunakan oleh hosting tersebut. Jika kalian ada pertanyaan mengenai hosting,kalian bisa komentar dibawah ini. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here