Home Info Menarik Tips Mudah Merawat Hardisk Eksternal Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Mudah Merawat Hardisk Eksternal Agar Tidak Cepat Rusak

338
0

Hardisk eksternal merupakan perangkat penyimpanan eksternal yang sangat bisa diandalkan untuk menyimpan beragam file dalam jumlah besar. Kecepatan transfer data dengan alat ini pun bisa berlangsung dengan cepat dan efisien. Dengan mobilitas dan peforma yang handal tersebutlah yang menjadikan hardisk eksternal sebagai media penyimpanan yang cukup banyak diminati oleh pengguna komputer. Namun hardisk eksternal juga memiliki kesamaan yang sama dengan hardisk internal dalam hal kerentanan terhadap kerusakan. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk melakukan perawatan secara berkala pada hardisk. Nah berikut ini adalah tips mudah merawat hardisk eksternal agar awet dan tidak cepat rusak.

  1. Gunakanlah Selalu “Safe Remove Hardware”

Cara ini terkesan sepele dan seringkali diabaikan oleh pengguna hardisk eksternal. Padahal ketika anda selesai melakukan transfer data pada PC, maka akan ada data yang belum tertulis dengan benar pada piringan hardisk. Hal ini menyebabkan data tersebut masih tertinggal di dalam memori. Lama kelamaan jika hal ini terus terjadi, tentunya sangat berisiko dan dapat menjadi penyabab rusaknya data dalam hardisk. Oleh sebab itu, gunakanlah selalu opsi ‘Safe Remove Hardware’ sebelum anda mencabut hardisk eskternal dari PC.

  1. Jangan Sampai Terbanting dan Jauhkan dari Cairan

Beda halnya dengan flashdisk, hardisk eksternal masih menggunakan komponen mekanik dalam materi penyusunnya. Tentunya hal ini membuat hardisk eksternal lebih rentan rusak apabila terjadi benturan. Selain itu, penting juga bagi anda untuk menjauhkan benda ini dari cairan. Jangan sampai tersiram apalagi tersebur ke dalam air. Karena banyak kasus demikian yang menjadi penyebab hilangnya data dalam hardisk eksternal.

  1. Jauhkan dari Benda Bermagnet

Karena menggunakan komponen mekanik, menyebabkan hardisk eksternal sangat rentan terhadap gerakan paksa dari sebuah magnet yang berada di dekatnya. Apabila komponen dalam hardisk tersebut digerkan paksa oleh magnet, maka hal ini bisa menyebabkan sistem kerja dari hardisk. Selain itu, komponen platter yang ada pada hardisk eksternal pun bisa mengalami kerusahakan akibat adanya medan magnet di sekita hardisk.

 

  1. Pastikan hardisk Mendapatkan Sirkulasi Udara yang Baik

Untuk memberikan sirkulasi udara yang baik pada hardisk, maka pastikan anda selalu meletakan hardisk di atas bidang dengan permukaan yang keras dan padat, misalnya meja, lantai, dan sebagainya. Hindarilah meletakan hardisk eksternal pada permukaan yang lembut seperti kasur, bantal, dan selimut. Karena jika ini dibiarkan secara terus menerus, suhu pada hardisk akan meningkat karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik pada permukaan tersebut.

Itulah tips mudah merawat harddisk eksternal agar awet dan tidak cepat rusak. Selalu perhatikan tips-tips di atas untuk membuat hardisk eksternal anda menjadi awet dan tidak mudah rusak. Demikianlah tips yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here