Home Tips Menarik WWW atau Non WWW,Manakah Yang Baik Untuk Blog ?

WWW atau Non WWW,Manakah Yang Baik Untuk Blog ?

383
0
WWW atau Non WWW,Manakah Yang Baik Untuk Blog ?

Saat baru membuat situs WordPress, banyak orang yang bingung harus menambahkan www atau non-www di domain mereka.

Contoh paling sederhana adalah Facebook yang manambahkan www pada domain mereka (www.facebook.com). Tapi ini justru berbanding terbalik dengan Twitter yang tidak menggunakan www (twitter.com). Dan seperti yang anda tahu, kedua-duanya adalah media social populer dunia.

Jika harus memilih, anda lebih tertarik menggunakan www atau non-www ?

Masih bingung ? Jangan khawatir, pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang apa sebenarnya perbedaan memakai www ataupun non-www di domain, dan mana yang lebih baik untuk SEO WordPress.

Hal pertama yang harus anda pahami adalah baik situs perusaan ataupun blog pribadi, penambahan www atau non-www tidak ada perbedaannya sama sekali. Hal ini murni sebuah pilihan pribadi dan kedua-duanya juga tidak ada yang lebih baik satu sama lain.

Tapi kalaupun anda ingin mencari perbedaan www dan non-www, hanya ada perbedaan teknis di antara keduanya. Dan untuk kebanyakan orang hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali.

Manfaat SEO Penggunaan WWW vs non-WWW

Seperti yang saya sebutkan di atas, tidak ada perbedaan dalam hal SEO baik www ataupun non-www. Hal ini murni pilihan pribadi anda dan bahkan, Google sendiri mengatakan bahwa semua tergantung selera masing-masing.

Justru yang paling penting anda harus konsisten sejak pertama kali situs dibangun menggunakan www atau non-www. Dengan kata lain, jangan pernah merubah domain dari www ke non-www begitupula sebaliknya.

Ini dikarenakan saat Google mengindex situs anda, penggunaan www dan non-www di domain merupakan hal yang berbeda.

Contoh sederhananya jika mengatur domain utama di Google Webmaster tool dengan (www.domain.com), tapi situs anda sendiri menggunakan (domain.com). Google menganggap keduanya merupakan hal yang berebeda dan akan tetap merayapi (www.domain.com).

Artinya (www.domain.com) tidak akan muncul di Search Console (domain.com) dan begitupula sebaliknya. Semua ini sudah dijelaskan secara lengkap oleh support.google.com.

Bagaimana Cara Mengatur Domain Pilihan WWW atau non-WWW ?

Untuk memberitahu Google tentang pilihan pribadi anda yang menggunakan url www atau non-www, pertama-tama pastikan situs sudah terdaftar di Google Webmaster Tools kemudian klik pada icon pengaturan > Site Settings di sudut kanan atas.

Pada halaman ini, anda dapat memilih situs menggunakan www atau non-www.

Untuk alternatif lainnya bisa juga menggunakan plugin SEO by Yoast yang dapat mengatur domain pilihan dan penggunaan www atau non-www.

Perbedaan Teknis WWW vs non-WWW

Url non-www sering juga disebut sebagai url telanjang karena tidak menggunakan Record CNAME dan tidak punya keunggulan teknis.

Sedangkan penggunaan www sendiri punya keunggulan dapat mengatur penggunaaan cookie karena menggunakan subdomain. Tapi penggunaan cookie juga baru dikatakan bermanfaat jika situs yang dibangun punya jutaan pengunjung per hari.

Dan yang paling utama penggunaan www atau non-www tidak memberikan dampak apapun pada kinerja atau rangking situs anda. Jadi, jangan pusing lagi untuk menjatuhkan pilihan antar www atau non-www karena yang terpenting adalah anda nyaman dengan yang digunakan.

Saya harap artikel ini dapat membantu anda keluar dari keraguan untuk memakai www atau non-www. Dan Ingat, kedua-duanya sama baiknya dalam SEO WordPress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here